Students’ Routine

SD Islam Baabut Taubah adalah salah satu sekolah di kota Bekasi yang sangat menjunjung tinggi nilai -nilai keislaman. Untuk meraih nilai-nilai keislaman yang sesuai dengan Al qur’an dan as sunnah, Anak-anak kami memiliki program pembelajaran  yang sudah menjadi tradisi / rutinitas mereka dari pagi sampai sore. Berikut tradisi/ rutinitas yang terus kami kembangkan setiap tahun:

1. Tahsin dan Tahfiz

Program ini diadakan mulai pukul 07.00 – 08.00. Lewat Program ini murid murid akan dibimbing mulai dari pelaksanaan sholat dhuha dan bacaan nya, Dzkir ba’da (setelah) sholat, Do’a setelah sholat dhuha dan fardhu lainnya, tahsin (membaca Iqro dan atau Al qur’an), dan Do’a -do’a harian. Program ini diadakan untuk menopang salah satu misi sekolah dan membatu murid-murid dalam meyelesaikan hafalan juz 30 dan do’a-do’a harian yang menjadi salah satu syarat kelulusan. Program ini merupakan salah satu program Unggulan yang mana selalu meraih juara 1 dan 2 setiap perlombaan Tahfiz yang diadakan institusi pendidikan atau institusi lainnya tingkat kota Bekasi.
2. Pelajaran inti

pelajaran inti adalah materi pembelajaran tidak jauh beda dengan sekolah-sekolah umum lainnya; yang membedakan materi ajar kami dengan sekolah lain adalah konten pelajaran keislaman lebih banyak dibandingkan dengan sekolah lain. Berikut materi pembelajaran di SD islam baabut taubah:

a. Umum

Semua mata pelajaran yang diajarkan disekolah umum lainnya seperti PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, dll.

b. Agama

Pendidikan agama dibagi menjadi beberapa mata pelajaran diataranya Pendidikan Agama Islam yang erdiri dari 3 jenis penilaian yakni Aqidah, Akhlak, dan Ibadah, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) (untuk murid kelas 3, 4,5, dan 6), dan Pendidikan Alqur’an (PAQ).

c. Seni

Pelajaran seni yang sudah menjadi pelajaran pokok di SD Islam Baabut Taubah adalah seni musik, marawis, dan Angklung masing -masing  1 kali pertemuan setiap pekan (70 menit)

d. Teknologi

kami mengenalkan pelajaran Komputer kepada anak-anak kami dari kelas 1 – 6; murid-murid dibimbing oleh tenaga ahli mulai dari cara mengetik di word, Excel, dan pembuatan slide presentasi dengan menggunakan power point. Lab kami dilengkapi dengan internet yang mana murid -murid bisa mengaksesnya ketika pelajaran Teknollogi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dibawah pengawasan guru.

e. Cinta Lingkungan

Cinta Lingkunagan kami kemas melalui acara berkebun yang dibimbing langsung oleh designer taman yang sudah cukup dikenali disekolah -sekolah Jakarta dan bekasi. Melalui program ini kami didik anak didik kami dari proses pembuatan pot, perawatan dan penjualan hasil panen.

3. Sholat Dhuhur Berjama’ah

Murid -murid dibimbing bagaimana tata cara melaksanakan sholat berjama’ah, dzkir setelah sholat dan do’a setelah sholat. disamping mendirikan sholat fardhu (dhuhur) murid -murid juga dibimbing untuk mendirikan sholat sunnah qabliyah dan ba’diah (guru pembimbing menjelaskan fungsi dari sholat sunnah tersebut). Adapun sholat berjama’ah ini dibagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok murid -murid kelas 1 dan 2 diadakan di aula atau mushola sekolah, dan kelompok 2 yakni kelompok murid-murid kelas 3 sampai kelas 6 berbaur langsung dengan masyarakat sekitar di masjid al mukarobin.

4. Makan siang Berjama’ah

program ini diadakan setelah sholat dhuhur; murid -murid berkumpul di bawah kanopi dan atau menggelar tikar didepan kantin dengan membawa makanan masing. program ini diadakan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan diantara murid kami serta melatih kemandirian mereka karena orang tua/ wali murid tidak diperbolehkan untuk mendekati/menyuapi putra dan atau putrinya selama jam makan siang.

Semua-semua program diatas dilaksanakan oleh anak-anak kami dengan ceria. Kami selaku pihak sekolah (civitas sekolah) selalu mengevaluasi program -program di atas setiap 6 bulan sekali untuk meraih kualitas kegiatan yang lebih baik.

Tinggalkan komentar